KaltengOpini PublikPalangka Raya

UPR Gelar International Conference on Tropical Peatland

Palangka Raya – Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan kegiatan International Conference on Tropical Peatland yang berlangsung selama 3 (tiga ) hari mulai Tanggal 23 April s.d 25 April 2024.

Kegiatan yang mengambil tema Sustainable Land Management of Peatland and Beyond for Net Zero, Nature and People in Southeast Asia yang dilaksanakan di Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) Selasa 23/4/24.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara UPR dengan UK Centre of Ecology & Hydrology dengan dukungan Borneo Nature Foundation, Kali Project menghadirkan pembicara dan peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam seminar ini disajikan sebanyak 55 paparan dan juga 15 poster terkait tentang gambut. Pantia Seminar menyebutkan bahwa semua bahan paparan akan dituliskan dalam bentuk artikel lengkap dan dipublikasikan dalam ProsidingInternasional “IPO Proceeding Enviromental Earth Science” yang terindeks scopus.

Adapun yang menjadi Keynote Speaker adalah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan sebagai Invite Speaker Prof.Fachmuddin Agus (Badan Riset dan Inonasi Nasioanal), Prof.Sang Ho Yun (Nanyang Technological University, Singapore), dan Dr.Julia Drewer (UK Centre of Ecology & Hydrology) serta Prof.Dr. Supiandi Sabiham (Institut Pertanian Bogor).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Rektor UPR yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.Natalina Asi, M.A menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia didorong untuk menjadi World Class University dan bagi UPR sendiri aspek gambut menjadi hal yang spesifik, unik dan berpotensi dikembangkan dengan tujuan di atas.

Karena itu kerjasama dengan berbagi lembaga nasional dan internasional menjadi penting dan salah satunya kegiatan yang dilaksanakan mulai hari ini.

Kegiatan ini akan mengangkat dan menyajikan penelitian-penelitian terbaru terkait net zero dan juga secara khusus tentang pengelolaan gambut dan dampak yang ditimbulkan. Jika dikaitkan dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR yang konsen dengan Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Lahan Gambut tentunya kegiatan ini sangat relevan sekali untuk kemajuan UPR.

DEngan demikian kegiatan seminar ini sangat baik bagi UPR dalam meningkatkan kemajuan UPR dan secara khusus kinerja Universitas. Harapannya bahwa seminar ini dapat menjadi seminar regular setiap tahun yang dapat meningkatkan kinerja dan peringkat UPR.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *