KaltengOpini PublikPalangka RayaPemilu

Pembukaan penjaringan calon Kepala Daerah Partai PSI

Palangka Raya – PSI Kota Palangka Raya membuka pendaftaran calon walikota dan wakil walikota Palangka Raya melalui penjaringan bakal calon kepala daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Penjaringan bakal calon Kepala daerah merupakan mekanisme PSI untuk menentukan calon Kepala Daerah yang akan diusung oleh partai pada pilkada serentak tahun 2024 dan terbuka untuk masyarakat.

“Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah diselenggarakan sebagai bagian komitmen PSI menghadirkan politik partisipatif. Penjaringan juga dilakukan secara profesional, tanpa mahar.’ demikian disampaikan ketua DPD PSI Kota Palangka Raya, Nasotion dalam keterangannya Selasa (7/5/24).

Menurut mantan aktivis HMI disebutkan bahwa “Penjaringan dilakukan oleh panitia khusus dalam bentuk desk Pilkada dengan tugas dan wewenang mengkoordinasikan pelaksanaan penjaringan serta bersama pengurus kota merekomendasikan ke DPW & DPP PSI”. Tambahnya.

Penjaringan secara nasional dibuka sejak 26 April 2024, dan ditutup pada 1 Agustus 2024. Adapun tahapannya antara lain pendaftaran, seleksi berkas administrasi, penandatanganan kode etik, survei popularitas dan elektabilitas.

Penetapan calon oleh Dewan Pembina PSI bersama DPP PSI pada Agustus 2024. Diketahui PSI Kota Palangka Raya pada pemilu 2024 mendapatkan 2 kursi.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *