Kalteng

Disbun Kalteng Ikuti Kalteng Expo 2024, Tampilkan Komoditas Unggulan

Palangka Raya – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah turut serta memeriahkan perhelatan Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar di arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, dari tanggal  11 sampai dengan tanggal 15 Mei 2024.

Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan Pemprov Kalteng dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Prov. Kalteng yang pada tahun ini menginjak usia ke-67, dan sekaligus salah satu upaya mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Sebagai salah satu instansi yang terus mengupayakan menggerakkan roda perekonomian masyarakat dalam bidang perkebunan, Dinas Perkebunan Prov. Kalteng menampilkan pameran komoditas unggulan Sawit, Kakao, Kopi dan Kelapa.

Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Rizky R. Badjuri yang ditemui usai pembukaan Kalteng Expo pada Sabtu malam (11/5/2024), mengatakan empat komoditas unggulan yang ditampilkan dalam rangkaian Kalteng Expo sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong perkembangan budidaya perkebunan.

“Dinas Perkebunan terus memberikan perhatian terhadap peran kelembagaan petani dengan memberikan dorongan dan motivasi untuk mengembangkan usaha,” tutur Rizky R. Badjuri.

Pada kesempatan tersebut, Rizky menjelaskan salah produk unggulan komoditas Kakao. Menurutnya, dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang, komoditas kakao turut memberi warna dalam perkembangan komoditas perkebunan Kalteng seperti komoditas unggulan lainnya yaitu kelapa sawit, kelapa dan kopi. Disampaikan bahwa komoditas Kakao di Kalteng sudah menunjukkan tren grafik keberhasilan, perkembangannya terlihat di wilayah Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya.

Ia berharap melalui pameran Kalteng Expo sekaligus dijadikan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat luas sebagai langkah mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja di Kalteng khususnya pada bidang perkebunan.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *