KaltengNasionalOpini PublikPalangka RayaPemprov Kalteng

Kloter 3 BDJ Awali Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kalteng

Palangka Raya – Fase pemberangkatan haji gelombang I tahun 1445/2024 dimulai. Sebanyak 320 jamaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam Kloter 3 Banjarmasin (BDJ) mengawali keberangkatan JCH Provinsi Kalimantan Tengah  ke Arab Saudi, Rabu (15/05/24).

Mereka adalah jamaah asal  Kabupaten Barito Utara (Barut) sebanyak 143 orang, Kabupaten Kapuas sebanyak 167 orang, Kota Palangka Raya 3 orang dan 2 orang dari Provinsi Kalimantan Selatan ditambah 5 petugas kloter.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Noor Fahmi mengungkapkan Kloter 3 BDJ lepas landas dari Bandara Syamsudin Noor sekitar pukul 11 Waktu Indonesia Tengah (Wita). Diperkirakan Kloter 3 BDJ mendarat di Bandara Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 19.10 waktu setempat.

“Alhamdulillah hari ini kita telah memberangkatkan jemaah calon haji Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin,” kata H Noor Fahmi pada pelepasan Kloter 3 BDJ di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (15/05/24).

Dia mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Banjarmasin, petugas haji, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara atas dukungan, koordinasi dan kerjasamanya sehingga operasional keberangkatan haji berjalan lancar.Dia menjelaskan, dari 320 jemaah, ada 28 orang masuk kategori lanjut usia (lansia) dan 16 orang menggunakan kursi roda.

Kemudian jamaah mutasi keluar berjumlah 2 orang atas nama Nursehan Jahran dan Arbain Utuh Ganal dari Kabupaten Kapuas karena sakit dan dinyatakan tidak laik terbang oleh petugas kesehatan PPIH BDJ.  Keduanya digantikan 2 jamaah yang mutasi masuk atas nama  Amiah Mugni Nawawi dan Mansah Mustafa Hasan dari Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Sebelumnya Kloter 3 BDJ masuk asrama haji pada 14 Mei 2024 mulai pukul 9.30 Wita. Disana jamaah menjalani proses penyerahan dokumen paspor, nomor kursi, uang living cost dan gelang identitas. Jamaah juga menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan barang bagasi.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *