Barito SelatanKaltengOpini PublikPalangka RayaPemprov Kalteng

Mahasiswa Kurang Mampu Bisa Kuliah, UPR dan Pemkab Barsel Sepakati Kerjasama Beasiswa

Palangka Raya – Universitas Palangka Raya (UPR) dan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menandatangani perjanjian kerjasama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan tinggi. Acara ini berlangsung pada Kamis (16/05/24) di Aula Rahan, Gedung Rektorat UPR.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UPR, Natalina Asi, dan Pj. Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan, disaksikan oleh jajaran pejabat dari kedua belah pihak.

Natalina menyampaikan harapan agar kerjasama ini menjadi awal dari kolaborasi lain yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dengan dukungan beasiswa penuh yang disediakan oleh Pemkab Barsel, mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu dapat menyelesaikan pendidikan mereka tanpa biaya, dari awal hingga akhir kuliah. Program ini dianggarkan melalui APBD 2024 sebesar Rp20 Milyar, yang langsung disalurkan ke rekening universitas.

Deddy Winarwan menambahkan bahwa selain UPR, Pemkab Barsel juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia. Seleksi penerima beasiswa dilakukan secara ketat oleh tim seleksi untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran. Setelah lulus, para penerima beasiswa diharapkan kembali mengabdi di Barito Selatan.

Kerjasama ini tidak hanya mencakup beasiswa, tetapi juga berbagai program seperti afirmasi, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dan Praktisi Mengajar, yang diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *