EntertainmentHiburanKaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

DLH Kalteng Semarakkan Karnaval Budaya FBIM 2024

Palangka Raya – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng turut memeriahkan Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 yang berlangsung di kawasan Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu pagi (19/5/24).

Karnaval Budaya FBIM 2024 dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Dalam sambutannya, Gubernur menyatakan bahwa Karnaval Budaya ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng serta salah satu upaya mempromosikan seni budaya dan mendukung pariwisata nasional melalui Program “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Event ini juga tercatat dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Gubernur mengharapkan FBIM sebagai event tahunan dapat terus ditingkatkan dan menjadi kekuatan industri kreatif yang mendukung perekonomian daerah. “Saya mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, Bupati, Pj Bupati, Wali Kota beserta jajaran, untuk membudayakan hidup bersih. Percuma kita membangun infrastruktur dengan kualitas baik tetapi masyarakatnya tidak berbudaya hidup bersih,” ujarnya.

Kepala DLH Provinsi Kalteng, Joni Harta, yang hadir langsung dalam karnaval tersebut, menjelaskan bahwa DLH mengusung tema Mesin Incinerator. “Mobil hias berbentuk mesin incinerator adalah mesin pembakaran sampah/limbah yang menggunakan teknologi pembakaran suhu tinggi, menghasilkan debu yang sangat minim, serta emisi gas dan partikulat yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Karnaval Budaya FBIM 2024 berlangsung meriah dengan berbagai penampilan tarian, musik etnik, dan seni budaya dari peserta karnaval, baik dari Kalteng maupun dari luar daerah. Masyarakat menyambut antusias, memenuhi pinggir jalan dari Bundaran Besar hingga garis finish di Jalan Yos Sudarso.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo beserta istri Hj. Nunu Andriani, Wakil Ketua DPRD Prov Kalteng Abdul Razak, Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng, Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *