InternasionalKaltengNasionalPalangka RayaPemprov Kalteng

Dishut Kalteng Meriahkan Karnaval Budaya FBIM Kalteng 2024

Palangka Raya – Dalam rangka memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) sekaligus memperingati Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Kehutanan Prov. Kalteng mengikuti Karnaval Budaya FBIM tahun 2024, bertempat di kawasan Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu (19/5/24).

Pagelaran Karnaval Budaya FBIM tahun 2024 ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Dalam sambutannya, ia mengatakan Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng sekaligus sebagai salah satu bentuk promosi seni budaya dan penunjang kepariwisataan nasional dalam mendukung Program “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan telah dimasukan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Saya berharap event tahunan FBIM ini bisa terus ditingkatkan dan diperbaiki terus setiap tahunnya, sehingga kebudayaan Kalteng akan menjadi kekuatan industri kreatif untuk menunjang perekonomian nasional khususnya Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Agustan Saining yang turut hadir secara langsung dalam rombongan karnaval budaya FBIM 2024 menyampaikan pada karnaval tahun ini Dishut Kalteng mengusung tema Burung Enggang.

Kendaraan hias berbentuk burung enggang Seekor burung dengan awak yang megah, sayap yang luas, terbang melintasi
langit Kalimantan Tengah. Di kejauhan hutan Kalimantan Tengah yang terhampar luas,
memancarkan keindahan alam yang menakjubkan. Burung Enggang yang perkasa itu
membawa ekosistem hutan di punggungnya, sebagai pembawa pesan akan keajaiban
alam.

“Burung Enggang yang terbang di langit Kalimantan Tengah, menjadi saksi bisu
akan keindahan alam dan keberagaman hayati yang tiada tara. Ia mengingatkan kita
akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan sebagai warisan berharga bagi seluruh
umat manusia,” Kata Agustan.

Iringan musik tradisional yang terus diperdengarkan membangkitkan motivasi dan meningkatkan etos kerja Dishut Kalteng dalam memberikan pelayanan.

“Dengan Semangat Isen Mulang Menuju Kalimantan Tengah Makin Berkah
(Bermartabat, Elok, Religius, Kuat dan Amanah). “ Menyatukan Perbedaan, Merajut
Persaudaraan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, gelaran Karnaval Budaya FBIM 2024 sangat meriah dengan menampilkan berbagai macam tarian, musik etnik dan seni budaya yang berasal dari peserta karnaval. Sejumlah tarian dan karnaval budaya dari berbagai daerah ditampilkan baik dari Kalteng maupun luar Kalteng. Masyarakat turut antusias melihat karnaval budaya dari pinggir Bundaran Besar.

Nampak Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo dan istri Hj. Nunu Andriani, Wakil Ketua DPRD Prov Kalteng Abdul Razak, Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *