KaltengSukamara

Shrimp Estate Kembali Panen Parsial, Bisa Menjadi Komoditi Ekspor

Sukamara – Program pengembangan Shrimp Estate BERKAH hasil gagasan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang dikembangkan Pemprov Kalteng di Desa Sei Raja Kabupaten Sukamara diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan, meningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah, menyerap tenaga kerja lokal, dan produksi udang vaname Kalimantan Tengah bisa menjadi komoditi ekspor andalan nasional.

Setelah dilakukan tebar perdana benur tanggal 25 Februari 2024 lalu, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng melalui BLUD Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perikanan Budidaya Air Payau dan Laut (PBAPL) Sei Raja melakukan panen parsial kedua udang vaname di tambak udang Shrimp Estate Berkah, Minggu (19/5/24).

Kepala Dislutkan Prov. Kalteng Darliansjah menyampaikan bahwa panen parsial dilakukan untuk mengurangi kepadatan populasi udang pada siklus budidaya yang sedang berlangsung sehingga pertumbuhan udang akan meningkat.

“Berdasarkan laporan Tim Dislutkan yang ikut melakukan panen parsial kedua ini mendapatkan sebanyak 4.801 kg atau sekitar 4,8 ton lebih udang vaname dengan size 63-75 ekor/kg yang berasal dari cluster D sebanyak tiga kolam dengan umur udang 84 hari dan cluster C sebanyak dua kolam dengan umur 72 hari. Panen parsial selanjutnya, rencananya akan dilaksanakan kembali pada tanggal 28 Mei 2024 sebelum panen total yang akan diperkirakan pada size 20-25 ekor/kg,” ungkapnya.

Lebih lanjut Darliansjah menjelaskan, hasil panen parsial kedua ini dipasarkan ke PT. Bahari Mina Sejahtera (BMS) Komplek Industri Cikande Serang Banten.

Sebagai informasi, telah dilakukan panen parsial pertama yang dilaksanakan tanggal 9 Mei 2024 pada sembilan kolam sebanyak 4,776,26 atau 4,7 ton lebih.

“Kegiatan panen parsial pada kawasan Shrimp Estate BERKAH ini diharapkan dapat menjadi motivasi masyarakat Kalteng untuk bersama-sama dalam pengembangan udang vaname menjadi produk unggulan Kalteng dan akan dikembangkan oleh Prov. Kalteng di wilayah ini sebagai penghasil udang vaname,” pungkasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *