InternasionalKaltengNasionalOpini PublikPalangka Raya

Sanimah Sanawi, Jamaah Haji Tertua Kalteng Berangkat ke Tanah Suci di Usia 93 Tahun

Banjarbaru – Sanimah Sanawi Congkene, berusia 93 tahun, tercatat sebagai jamaah calon haji tertua dari Kalimantan Tengah yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur ini tergabung dalam Rombongan 1 Regu 4 Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin (BDJ).

Sanimah bersama jemaah Kloter 6 BDJ lainnya tiba di Asrama Haji Banjarmasin pada Sabtu, 18 Mei 2024, dan berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Syamsudin Noor pada Ahad, 19 Mei 2024. Kloter 6 BDJ mencakup jemaah dari Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Katingan, dan Kotawaringin Barat.

Meskipun masuk dalam kategori jamaah lansia dan menggunakan kursi roda, Sanimah yang mendaftar haji pada tahun 2019 sebenarnya dalam kondisi sehat. Namun, petugas memutuskan menggunakan kursi roda untuk menghindari kelelahan.

Sanimah tidak berangkat sendiri, dia didampingi oleh anaknya, Misliah Salam Sanawi (49). Warga Desa Cempaka, Kecamatan Cempaga ini merasa senang bisa melaksanakan ibadah haji bersama ibunya.

Selain Sanimah, Kloter 6 BDJ juga memiliki jamaah calon haji termuda dari Kalimantan Tengah, yaitu Sri Marpela, yang berusia 18 tahun. Pelajar kelas 12 ini berangkat haji menggantikan nomor porsi orang tuanya yang telah wafat. Sri Marpela berasal dari Desa Tinduk, Kecamatan Baamang, Kotawaringin Timur, dan masuk dalam Rombongan 1, Regu 1, Kloter 6 BDJ.

Sri Marpela mengaku terharu dan bahagia bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 2024, merasakan pengalaman spiritual yang luar biasa di usianya yang masih muda.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *