DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Dorong Pengembangan Perkebunan Varietas Buah-Buahan Tropis di Kalteng

Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota untuk dapat mendorong pengembangan perkebunan varietas buah-buahan tropis di Kalteng.

Sudarsono menyoroti potensi besar yang dimiliki Kalteng dalam budidaya buah-buahan tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Dengan mendukung pengembangan perkebunan varietas buah-buahan tropis, diharapkan dapat meningkatkan produksi, diversifikasi hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani di daerah ini.

“Kalteng memiliki potensi besar dalam budidaya buah-buahan tropis yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” kata Sudarsono, Senin, 20/5/24.

“Dengan mendukung pengembangan perkebunan varietas buah-buahan tropis, tentu itu dapat meningkatkan produksi, menambah keragaman hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani di daerah ini,” tambahnya.

Selain itu, Sudarsono menjelaskan bahwa pengembangan perkebunan varietas buah-buahan tropis juga akan berkontribusi positif terhadap peningkatan daya saing produk pertanian lokal.

Menurutnya, dengan memperluas jenis buah-buahan yang ditanam, diharapkan dapat membuka peluang pasar yang lebih luas dan mendukung pertumbuhan sektor pertanian.

“Kita pastinya berharap dengan dorongan pemda untuk mengembangkan perkebunan varietas buah-buahan tropis, harapan kita itu dapat menciptakan lingkungan usaha yang kondusif bagi petani dan pelaku agribisnis di Kalteng, serta mendukung diversifikasi hasil pertanian yang lebih berkelanjutan,” tutupnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *