Ekonomi dan BisnisKaltengOpini PublikPalangka Raya

Lion Air Buka Rute Palangka Raya-Semarang, Catat Tanggalnya

Palangka Raya -Maskapai penerbangan Lion Air bakal membuka rute domestik baru, dengan melayani penerbangan Palangka Raya (PKY)-Semarang (SRG), Pulang-Pergi (PP).

Rute penerbangan domestik baru dari Lion Air yang menghubungkan antara Palangka Raya dan Semarang ini akan berdampak pada berbagai sektor dari kedua daerah ini.

Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Ardha Wulanigara membenarkan dibukanya rute Palangka Raya-Semarang tersebut.

“Berdasarkan informasi dari maskapai Lion Air, benar akan dibuka rute PKY-SRG dan masih dalam proses permohonan ke Dirjen Perhubungan Udara,” ungkapnya, Jumat (24/5/24).

Untuk jadwal pengoperasian sendiri akan disampaikan langsung pihak Lion Air. Dengan dibuka nya rute baru ini tentu akan memiliki berbagai manfaat untuk kedua daerah dan dari pihak bandara akan support untuk pelayanan yang ada di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, dengan adanya rute baru ini, tentu akan memangkas jarak dan waktu tempuh antara kedua kota.

“Adanya penerbangan langsung, waktu perjalanan yang biasanya memakan waktu lebih lama dengan transit, kini bisa dipangkas secara signifikan,” ujar Danang dalam keterangannya.

Danang menuturkan, dengan dibukanya rute baru ini, nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dari masing-masing daerah.

“Semarang sebagai pusat bisnis di Jawa Tengah (Jateng) dan Palangka Raya yang terus berkembang sebagai kota strategis di Kalimantan Tengah (Kalteng), kini semakin terhubung untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” jelasnya.

Masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan perjalanan antarkota untuk berbagai keperluan, mulai dari kunjungan keluarga, pendidikan, hingga kesehatan.

“Akses yang lebih cepat dan mudah ini juga dapat meningkatkan mobilitas masyarakat serta mempererat hubungan sosial dan budaya antarkedua daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk wisatawan, dengan adanya rute baru ini, mereka bisa dengan mudah untuk mengeksplorasi Palangka Raya yang selama ini dikenal dengan keindahan alam dan budaya Dayak serta ekowisata.

“Wisatawan kini bisa lebih mudah mengeksplorasi keindahan dan kekayaan budaya kedua kota ini, mendukung perkembangan sektor pariwisata lokal dan memperkenalkan lebih banyak destinasi menarik kepada wisatawan domestik dan mancanegara,” pungkasnya.

Sesuai jadwal, maskapai ini akan mulai melayani penerbangan Palangka Raya (PKY)-Semarang (SRG) JT-667, terbang 10.55 WIB, tiba 12.15 WIB. Kemudian, Semarang (SRG)-Palangka Raya (PKY) JT-666, terbang 12.55 WIB, tiba 14.15 WIB, mulai 14 Juni 2024 mendatang. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *