KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Pagelaran Seni Budaya Kalteng, Mengukuhkan Identitas dan Kreativitas Lokal

Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Kalteng, menyelenggarakan pagelaran Seni Budaya bertajuk “Kalteng Cerdas Menuju Kalteng Semakin Berkah” di Panggung Teater Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng, Jl. Temanggung Tilung XIII, Minggu (26/5/24).

Dalam sambutannya, Kepala UPT Taman Budaya Kalteng Wildae D. Binti, yang membacakan pidato tertulis Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng, menekankan pentingnya seni sebagai bagian dari identitas bangsa. Ia menegaskan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan seni, terutama seni pertunjukan.

“Pemerintah memberikan apresiasi dan pembinaan terhadap para pelaku seni melalui kegiatan Gelar Seni Budaya,” ujarnya.

Wildae menambahkan bahwa upaya ini adalah bagian dari strategi pengembangan dan pelestarian seni budaya yang berkesinambungan, dengan harapan berdampak positif pada perkembangan seni budaya di Kalimantan Tengah.

Ketua Panitia, Dian Widhi Pratama, menjelaskan bahwa pagelaran ini bertujuan untuk melestarikan dan mencintai seni budaya Kalteng serta memperingati Hari Pendidikan pada 2 Mei 2024. Acara ini menampilkan delapan penampil, termasuk SSB Hagatang Tarung, Sanggar Haruyung Manuntung SMAN 1 Palangka Raya, dan berbagai sanggar serta sekolah lainnya.

Acara ini dihadiri oleh pejabat dari Pemprov Kalteng serta pimpinan dan pengurus sanggar seni dan paguyuban se-Kalteng. Harapannya, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta meningkatkan kreativitas para seniman lokal.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *