Berita UtamaDPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Sirajul : Pemda Harus Siapkan Alat Damkar Bagi Warga

Palangka Raya – Bencana kebakaran yang terjadi di wilayah padat penduduk yakni Flamboyan Bawah, Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu menuai keprihatinan sejumlah kalangan, salah satunya yaitu Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman.

Ia menyebut, bencana kebakaran yang menimpa sejumlah masyarakat di wilayah Flamboyan Bawah tersebut menimbulkan banyak kerugian dari segi harta benda, sehingga perlu untuk diperhatikan terutama upaya antisipasi agar tidak terulang kembali.

Untuk itu Sirajul pun meminta agar pemda memberikan bantuan alat pemadam kebakaran untuk masyarakat terutama yang tinggal di wilayah padat penduduk seperti halnya Flamboyan Bawah, hal ini penting guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Harus ada antisipasi sejak dini dengan membantu alat pemadam kebakaran untuk masyarakat, sehingga apabila ada kejadian bisa segera dilakukan penanganan karena wilayah padat penduduk ini sangat rawan,” ucapnya, Senin, 27 Mei 2024.

Sirajul mengatakan, ada sejumlah alat pemadam kebakaran yang bisa diberikan kepada masyarakat salah satunya seperti alat pemadam api ringan dan berat yang berbentuk tabung hingga membuat sumur bor khusus dilengkapi dengan perlengkapan lainnya.

“Saya rasa alat-alat atau sarana pemadam kebakaran ini penting, ketika ada kebakaran masyarakat bisa mengantisipasi dan melakukan penanganan langsung, jadi api tidak cepat membesar. Tentu kita ingin kejadian kebakaran itu tidak terus terjadi,” ujarnya.

Di sisi lain, Sirajul mengingatkan kepada masyarakat terutama yang tinggal di wilayah padat penduduk dan rumah yang terbuat dari kayu agar senantiasa berhati-hati jangan sampai lengah terhadap potensi yang bisa mengakibatkan kebakaran.

“Misalnya kabel listrik itu harus dicek secara berkala, dan pastikan juga ketika selesai memasak api kompor mati serta ketika meninggalkan rumah dengan jangka waktu yang lama cabut barang elektronik maupun regulator gas untuk mencegah kebakaran,” imbuhnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *