KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Rakor DLH Kalteng Dorong Optimalisasi SIPSN untuk Program Adipura 2024

Palangka Raya– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Perhitungan Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (IKPS) serta Tata Cara Pengisian dan Pemuktahiran Data SIPSN untuk mendukung Program Adipura Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2024. Acara ini berlangsung di Ballroom Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya pada Selasa pagi (28/5/24).

Dalam sambutannya, Kepala DLH Provinsi Kalteng, Joni Harta, menekankan pentingnya pengisian data persampahan dalam aplikasi SIPSN yang akan menjadi platform data pengelolaan sampah daerah berbasis big data. Data ini diharapkan dapat diakses oleh publik untuk mengetahui kondisi pengelolaan sampah daerah secara cepat, akurat, dan terkini guna mendukung program Adipura.

Joni Harta juga menjelaskan bahwa data yang tercakup dalam SIPSN akan digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pengelolaan sampah di setiap daerah, khususnya di Kabupaten/Kota di Kalteng. Data tersebut akan dihitung menjadi Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (IKPS) daerah, yang akan menjadi tolok ukur keberhasilan pengelolaan sampah.

“Kita patut berbangga dan mengapresiasi pencapaian Adipura di tahun 2023, di mana tiga Kabupaten/Kota yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Kabupaten Kapuas berhasil memperoleh Adipura. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Kabupaten lainnya untuk meraih penghargaan Adipura di tahun mendatang,” ujar Joni Harta.

Acara tersebut juga menghadirkan narasumber dari Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Adi Fajar Ramly, yang menyampaikan materi mengenai Perhitungan IKPS dan penginputan data SIPSN. Selain itu, tiga narasumber dari DLH Kota Palangka Raya, DLH Kabupaten Kapuas, dan DLH Kabupaten Kotawaringin Timur turut membagikan strategi pengelolaan sampah untuk memperoleh Adipura.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *