KaltengOpini PublikPemilu

Andrie Elia Embang Serius Maju Pilkada 2024, Serahkan Berkas ke Sejumlah Parpol

Palangka Raya – Kehadiran tokoh akademisi Kalteng, Andrie Elia Embang, di bursa bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota (Wawakot) Palangkaraya mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan, terutama partai politik peserta Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2024 mendatang.

Andrie Elia Embang menunjukkan ketegasan maju sebagai Bacalon Wakil Kepala Daerah dengan mengembalikan berkas pendaftaran penjaringan Bacalon Wakil Walikota ke sejumlah partai politik, termasuk PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Perindo, serta PKB. Ini membuktikan keseriusannya untuk maju sebagai Wakil Walikota Palangkaraya.

“Hari ini, saya didampingi sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, dan elemen masyarakat lainnya baru saja menyerahkan berkas pendaftaran penjaringan Bacalon Wakil Walikota ke DPD Partai Golkar Kota Palangka Raya,” ujar Andrie Elia Embang usai mendaftar di Sekretariat DPD Partai Golkar Palangkaraya, Sabtu (1/6/24).

Ia mengatakan dirinya baru saja mengikuti fit and proper test di DPD Partai Golkar Palangkaraya. “Saya kenal dengan Pak Fairid sebelum dan sesudah menjadi Walikota Palangkaraya. Saat itu, saya juga menjabat sebagai Rektor Universitas Palangka Raya, dan kami bersama-sama membangun Kota Palangkaraya,” kata Prof. Andrie di Sekretariat DPD Golkar Palangkaraya.

Andrie Elia Embang menyebut adanya chemistry yang terbangun bersama mantan Walikota Palangkaraya periode 2018-2023 tersebut. “Saya tegaskan bahwa siap mendampingi Fairid Naparin ketika nanti mendapat rekomendasi dari DPP Partai Golkar,” katanya lagi.

Ia juga menegaskan kesiapannya untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan dengan partai politik lain guna membangun Kota Palangkaraya lebih maju melalui pemikiran-pemikiran yang konstruktif.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Palangkaraya, Subandi, menyampaikan bahwa mekanisme penjaringan bacalon Wakil Walikota Palangkaraya akan melibatkan seluruh pendaftar pada semua tahapan yang telah ditetapkan. “Sampai saat ini, ada lebih dari sepuluh orang yang sudah mengambil formulir. Namun, yang mengembalikan baru beberapa, karena batas akhir pengembalian formulir sampai tanggal 7 Juni 2024 nanti. Andrie Elia Embang adalah figur pertama yang telah mengembalikan formulir pendaftaran ke kami,” terang Subandi.

Subandi menjelaskan bahwa berkas yang sudah diterima selanjutnya akan diserahkan kepada pengurus DPD Golkar Kalteng untuk proses tahapan selanjutnya sampai ke DPP Partai Golkar Pusat.

Ketika disinggung terkait DPD Partai Golkar yang hanya membuka penjaringan bacalon Wakil Walikota Palangkaraya pada Pemilu 2024 ini, Subandi menjelaskan bahwa berdasarkan surat penugasan, apabila hasil perolehan suara melebihi atau minimal tetap, maka secara otomatis akan dicalonkan sebagai calon Kepala Daerah di daerah yang bersangkutan. “Karena pada perolehan suara Pemilu Kota Palangkaraya naik dari 21 ribu lebih pada 2019 menjadi 35 ribu lebih pada 2024, maka secara otomatis Fairid Naparin ditetapkan oleh DPP sebagai calon Walikota satu-satunya,” tambahnya.

Subandi secara pribadi tidak meragukan lagi sosok Andrie Elia Embang. Selain sebagai mantan Rektor UPR, Andrie Elia juga memimpin sejumlah organisasi. Namun, lanjutnya, semua itu akan dikembalikan lagi ke mekanisme partai.

Sekedar informasi, jadwal penjaringan untuk bacalon Wakil Walikota Palangkaraya akan dilakukan sampai tanggal 7 Juni 2024 dan dijadwalkan pada pertengahan bulan Juni 2024 dilakukan survei oleh lembaga survei nasional.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *