KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Dishut Kalteng Ikuti Upacara Virtual Harlah Pancasila, Kokohkan Persatuan dan Kemandirian Bangsa

Palangka Raya – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah turut serta dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aula Dishut Provinsi Kalteng pada Sabtu (1/6/24).

Upacara tahun ini dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau, dengan Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara dan Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira sebagai Komandan Upacara. Presiden Joko Widodo, dalam amanatnya, menyampaikan rasa syukur atas kestabilan dan kemajuan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global.

“Dalam dunia yang dilanda berbagai krisis dan tekanan politik, kita harus tetap optimis. Pancasila memandu arah bangsa, dan kita memiliki modal sosial, budaya, sumber daya manusia, serta sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, kita harus terus memperkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi,” tegas Presiden RI.

Kegiatan upacara ini diikuti secara virtual oleh seluruh ASN Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Agustan Saining, melalui Sekretaris Dinas, Waluyo Budi Setyono, menekankan pentingnya upacara peringatan ini. “Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan landasan utama dalam mempersatukan beragam suku, agama, ras, dan golongan,” ujarnya.

“Upacara ini menjadi momentum yang tepat untuk kembali mengenang arti dan makna dari lima sila Pancasila. Diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Waluyo juga mengajak seluruh warga untuk meneguhkan komitmen dalam memperkokoh persatuan, kesatuan, dan kebhinekaan. “Mari kita jadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momen untuk introspeksi diri dan meningkatkan penghayatan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila,” pungkasnya.

Dengan semangat Pancasila, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng berharap dapat terus memajukan kehutanan dan menjaga kekayaan alam Indonesia sebagai wujud nyata dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *