KaltengOlahragaPalangka Raya

AFP Kalteng Gelar Liga Futsal Nusantara 2024, Siap Maju ke Babak Nasional

Palangka Raya – Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalimantan Tengah (Kalteng), Sutoyo, melalui Sekretaris Umum AFP Kalteng, Bobby D.W. Gandrung, mengumumkan dimulainya Liga Futsal Nusantara Regional Kalimantan Tengah 2024. Kegiatan ini adalah bagian dari program Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang mengharuskan setiap provinsi mengadakan babak penyisihan untuk kategori putra dan putri.

“Kegiatan ini sesuai dengan program dari Federasi Futsal Indonesia, untuk menggelar Liga Futsal Nusantara Regional Kalimantan Tengah tahun 2024. Babak penyisihan di setiap provinsi itu wajib dilakukan untuk putra dan putri. Juara Nusantara dari Kalimantan Tengah, baik putra maupun putri, akan berhak mewakili Kalimantan Tengah di babak 28 besar nasional,” kata Bobby di sela pertandingan Liga Futsal Nusantara di Gor Indoor Serba Guna, Km. 5 Cilik Riwut Palangka Raya, Minggu (2/6/24).

Bobby juga mengungkapkan bahwa Kalimantan Tengah akan menjadi tuan rumah babak 28 besar grup C Putra dan grup G Putri. “Kalimantan Tengah dipercaya oleh FFI menjadi tuan rumah babak 28 besar grup C Putra dan grup G Putri. Grup C1 Putra akan diikuti oleh Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat, sementara grup C2 Putra akan diikuti oleh Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Grup G Putri akan diikuti oleh Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Barat,” jelasnya.

Untuk kategori putri, Bobby menjelaskan hanya terdapat tiga klub peserta dari Kalimantan Tengah sehingga pertandingan dilakukan dalam satu grup dengan format setengah kompetisi. “Putra dan putri kita gelar terus, karena untuk putri hanya 3 klub peserta dari Kalimantan Tengah, mereka setengah kompetisi saja dalam satu grup. Sedangkan untuk putra karena ada 9 klub, mereka dibagi menjadi 2 grup yaitu 5 klub dan 4 klub,” paparnya.

Tahun ini, kompetisi diikuti oleh klub-klub dari Sukamara, Kobar, Lamandau, Kotim, Palangka Raya, UNKRIP, Kapuas, Gumas, dan Bartim. Bobby menjelaskan bahwa seharusnya setiap kabupaten wajib memutar Liga Futsal Nusantara Regional Kabupaten, namun karena banyak kepengurusan baru, mereka masih diizinkan langsung mendaftar ke provinsi untuk tahun 2024.“Setiap kabupaten sebenarnya wajib memutar Liga Futsal Nusantara Regional Kabupaten, namun karena banyak kepengurusan baru, tahun ini kita izinkan mereka langsung mendaftar ke provinsi. Kami masih memberikan toleransi agar mereka berbenah diri dan bisa melaksanakan liga di tiap kabupaten pada tahun 2025,” ungkapnya.

Babak besar nasional akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 12 Juli, dan diharapkan juara dari Kalimantan Tengah siap mewakili di babak nasional. “Babak besar nasional akan diadakan pada tanggal 5 sampai 12 Juli. Kita harapkan juara Kalteng, baik putra maupun putri, benar-benar siap untuk mewakili di babak nasional. Babak 8 besar akan digelar di Jogja pada bulan Agustus, dan akan menghasilkan 3 besar yang akan naik ke liga profesional,” kata Bobby.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemprov Kalteng, Dispora Kalteng, Koni Kalteng, dan Asprov PSSI Kalteng. “Kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur Kalimantan Tengah yang sudah mendukung melalui Dispora Kalteng, Koni Kalteng, dan Asprov PSSI Kalteng,” ujar Bobby.

Bobby berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga para pemain memiliki tujuan yang jelas. “Harapannya kegiatan ini terus berlangsung, jadi para pemain punya tujuan jelas. Kami juga akan mengirimkan perwakilan Kalteng untuk mengikuti U-18 di tingkat nasional pada bulan September yang akan dilangsungkan di Jakarta,” tambahnya.

“Mereka berasal dari kabupaten namun atas nama klub, jadi harapan kami agar klub-klub ini menjadi semi profesional dengan akta pendirian klub dan legalitas hukum. Kami juga mendorong para pemain untuk bermain sportif dan memanfaatkan peluang besar ini untuk bermain di lapangan standar internasional,” pungkas Bobby.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *