KaltengKapuas

Darwandie: Harlah Pancasila Momentum untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kapuas – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Darwandie, menyampaikan pesan penting tentang makna Pancasila bagi bangsa Indonesia.

Dalam pernyataannya, Darwandie menekankan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang harus terus dijaga dan dihayati oleh seluruh elemen masyarakat. “Pancasila adalah fondasi bangsa yang mengajarkan kita tentang nilai-nilai persatuan, keadilan, dan kemanusiaan. Hari Lahir Pancasila adalah momentum untuk mengingat dan memperkuat komitmen kita terhadap prinsip-prinsip ini,” ujarnya, Sabtu (1/6/24).

Darwandie juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk merenungkan kembali makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, peringatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi harus menjadi refleksi bersama dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

“Di tengah perkembangan zaman dan tantangan global, nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman kita dalam berperilaku dan mengambil keputusan. Dengan mengamalkan Pancasila, kita bisa menghadapi berbagai perbedaan dan dinamika sosial dengan lebih bijak dan bertanggung jawab,” tambah Darwandie.

Lebih lanjut, Darwandie mengingatkan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Ia menekankan bahwa pendidikan Pancasila harus terus ditanamkan sejak dini agar generasi penerus bangsa dapat memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita harus memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Generasi muda adalah harapan bangsa, dan mereka harus dibekali dengan pemahaman yang kuat tentang Pancasila agar dapat meneruskan cita-cita bangsa ini,” katanya.

Mengakhiri pernyataannya, Darwandie mengajak seluruh warga Kabupaten Kapuas untuk bersama-sama memperingati Hari Lahir Pancasila dengan semangat kebersamaan dan gotong royong. “Mari kita jadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” tutupnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *