KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Disdagperin Kalteng Gelar Sosialisasi Konsumen Cerdas untuk Percepatan Penurunan Stunting

Kuala Kapuas – Dalam upaya mempercepat penurunan stunting, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Sosialisasi Konsumen Cerdas di Hotel Fovere Kuala Kapuas, Selasa (4/6/24). Acara ini bertujuan untuk mengedukasi orang tua tentang pentingnya asupan gizi balita dengan memilih makanan bernutrisi sesuai standar kesehatan.

Stunting, sebagai masalah serius dalam pertumbuhan anak, disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang memadai sejak awal kehidupan. Dampaknya mencakup keterlambatan pertumbuhan fisik dan gangguan perkembangan kognitif jangka pendek, serta peningkatan risiko penyakit serius di masa depan. Pemerintah telah menetapkan percepatan penurunan stunting sebagai fokus utama melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, dan Gubernur Kalimantan Tengah menegaskan komitmennya terhadap upaya ini sebagai prioritas.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana, mengimbau masyarakat untuk peka terhadap pertumbuhan anak dan lingkungan, serta mencintai produk lokal.

“Dengan upaya bersama pemerintah daerah, instansi terkait, dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan angka stunting di Kabupaten Kapuas dapat menurun signifikan, menciptakan generasi sehat dan berkualitas untuk Kalteng Makin BERKAH,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalteng juga menyalurkan bantuan beras dari Gubernur H. Sugianto Sabran kepada keluarga terdampak stunting. Bantuan ini diharapkan meringankan beban kebutuhan keluarga dalam menangani stunting pada anak.

Sosialisasi ini dihadiri 50 peserta, termasuk orang tua anak stunting, kader posyandu, ibu hamil, keluarga berisiko stunting, dan pasangan usia subur. Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas, serta Persatuan Ahli Gizi Indonesia Kabupaten Kapuas memberikan paparan tentang berbagai aspek penanganan stunting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *