KaltengOlahraga

Tim Sepak Takraw Putri Kalteng Siap Tantang Atlet PON di Tiga Kota

Palangka Raya – Atlet putri cabang olahraga sepak takraw Kalimantan Tengah yang telah lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 akan menjalani uji tanding dengan atlet-atlet putri PON dari tiga kota, yakni Bali, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Rencananya pertengahan Juli-Agustus kami akan berkunjung sekaligus menguji kemampuan dengan petakraw putri yang juga lolos PON,” kata pelatih takraw senior Kalteng, Muhammad Ahmadi, pada Rabu (5/6/24).

Selama pemusatan latihan provinsi (Pelatprov) di Palangka Raya, atlet Salsabila Adistry, Elsa Widiya, dan Sophia (atlet sparing) diawasi oleh pelatih takraw putra, Hertanto.

Alasan tim takraw putri menuju tiga kota tersebut adalah karena Bali, Jawa Timur, dan Yogyakarta dikenal sebagai provinsi dengan tim takraw kategori putri yang kuat di Indonesia.

Memasuki dua bulan Pelatprov, cabang takraw putri sudah memasuki program fisik umum dan teknik dasar kontrol bola, serta latihan umpan smash dan service. Ahmadi yang juga menjabat sebagai sekretaris umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kalteng menyatakan bahwa organisasi takraw akan bekerja keras meningkatkan kemampuan atlet putri untuk mencapai di atas rata-rata.

“Terlebih, cabang ini akan bertanding di nomor double putri yang mengharuskan perpaduan kekompakan dua pemain putri di lapangan. Keduanya harus padu dan tidak boleh melakukan kesalahan yang dapat memberikan poin bagi lawan,” kata Ahmadi.

Pelatih Hertanto menambahkan bahwa program latihan yang dirancang sekarang sudah masuk ke tahap fisik dengan teknik. Sebagai bahan evaluasi kemampuan tim putri, sparing sementara dilakukan dengan atlet putra.

“Atlet putri sparing dengan atlet putri senior dan atlet putra agar terbiasa menerima servis keras dan smash,” kata Hertanto.

Selama pemusatan latihan di Palangka Raya, para atlet selain berlatih di asrama Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di RTA Milono, juga kadang latihan di markas takraw di lapangan terbuka komplek Sanaman Mantikei Jalan Ahmad Yani jika merasa jenuh di asrama.

Hertanto berharap rencana tryout dan uji coba di pertengahan Juli di Jawa Timur dan Bali dapat terlaksana tanpa hambatan, dengan bonus terakhir berkunjung ke Yogyakarta.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *