KaltengPalangka RayaPolda Kalteng

Polda Kalteng Kirim Air Suci dari Pertapaan Tjilik Riwut ke Mabes Polri untuk Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

Palangka Raya – Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar tradisi penyerahan dan pemberangkatan air suci dari Pertapaan Tjilik Riwut ke Markas Besar (Mabes) Polri. Acara ini berlangsung di depan Lobi Mapolda Kalteng pada Kamis, 6/6/24.

Dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, para pejabat utama, dan sejumlah personel Polda Kalteng.

Kapolda Kalteng menjelaskan bahwa tradisi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun. Dalam upacara ini, Mabes Polri akan melaksanakan upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata dengan mencuci panji-panji Tribrata Polri menggunakan air suci dari seluruh Polda di 34 provinsi.

“Upacara ini merupakan tradisi wajib yang dilakukan dan menjadi simbol mensucikan dan pembersihan diri,” ujar Kapolda.

Kapolda Djoko Poerwanto berharap, pencucian Pataka Tribrata ini dapat menjadi pedoman hidup setiap insan Rasta Sewakottama untuk memegang teguh nilai integritas, profesional, dan proporsional dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan baik dan benar, hadir di tengah masyarakat untuk memberikan solusi serta jangan sakiti mereka,” tambahnya.

Di akhir kesempatan, Kapolda mengingatkan seluruh personel untuk selalu menjaga kehormatan dan harga diri institusi, bekerja sama, dan tidak pernah lelah untuk berbuat baik kepada masyarakat.

Karo SDM Polda Kalteng, Kombes Pol Ivan Adityas Nugraha, didampingi Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, menambahkan bahwa air suci yang diberangkatkan ke Mabes Polri diambil dari tempat pertapaan pahlawan Tjilik Riwut di Telaga Bawin Kameluh Bukit Batu, Kabupaten Katingan.

“Air suci ini sudah resmi diberangkatkan dan dikawal oleh tim gabungan Polda Kalteng. Semoga aman sampai di Mabes Polri, Jakarta agar kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-78 bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Dengan tradisi ini, Polda Kalteng berharap dapat memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan semangat pengabdian para anggotanya dalam melaksanakan tugas sehari-hari.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *