KaltengKapuas

DPRD Kapuas Lakukan Monitoring Raperda Bangunan Gedung ke Sejumlah Desa

Kapuas – Pansus I DPRD Kabupaten Kapuas yang diketuai H. Ahmad Zahidi beserta anggota telah melakukan monitoring terkait penyusunan Raperda Kabupaten Kapuas tentang bangunan gedung ke sejumlah desa. Desa yang dikunjungi antara lain Desa Palampai, Desa Terusan Raya Barat, Desa Cemara Labat, Desa Terusan Karya, Desa Batanjung, Desa Terusan Raya Hulu, Desa Danau Rawah, Desa Tumbang Muroi, dan Desa Petak Puti.

Ketua Pansus I DPRD Kapuas, H. Ahmad Zahidi, mengatakan bahwa kunjungan ke beberapa desa ini merupakan tugas dari Ketua DPRD Kapuas dalam rangka penyelesaian Perda tentang Bangunan dan Gedung. “Perda ini merupakan peralihan dari Perda IMB (Izin Mendirikan Bangunan) menjadi Perda PBG (Persetujuan Bangunan Gedung),” katanya pada Sabtu, 8/6/24.

Mengingat bahwa Raperda ini akan segera disahkan menjadi Perda, masyarakat sangat membutuhkan regulasi ini sebagai payung hukum. “Setelah melakukan kajian dari beberapa daerah seperti Kota Yogyakarta, Bandung, dan Banjarmasin, kami mendapatkan sejumlah kesimpulan terkait Perda ini,” tuturnya.

Salah satu kesimpulan utama adalah bahwa jika dulu pengajuan IMB dilakukan secara manual melalui kelurahan atau kecamatan, maka pengajuan PBG di masa mendatang akan dilakukan secara elektronik atau online.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *