Ekonomi dan BisnisKaltengOpini PublikPalangka Raya

Petani di Kalteng perlu didukung dari mulai permodalan hingga pemasaran

Palangka Raya – Ketua DPW Gekrafs Kalteng Novanita Puspa kencana yang sekaligus anggota paguyuban perwartos mengikuti kegiatan panen raya yang bertempat di Kelurahan banturung, Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin 10/6/24.

Panen Raya ini diselenggarakan oleh paguyuban perwartos dengan Jumlah pohon 2000. Panen total 1800 kg di bagi panen per 5 hari Satu hari 160 kg .

Nova mengatakan lombok adalah salah satu kebutuhan masyarakat , setiap masakan rasanya kurang lengkap jika tanpa lombok, petani lombok harus didukung dari mulai permodalan hingga pemasaran sehingga harga lombok tidak terlalu rendah sehingga merugikan petani , juga terlalu tinggi yang merugikan masyarakat.

“Semoga kedepannya semua bisa bersinergi untuk mendukung pertanian di kota Palangkaraya ini,” Ungkap Bacalon Wakil Walikota Palangka Raya di Pilkada 2024 mendatang ini.

Sementara itu Soleh Purwadi selaku petani mengatakan, bahwa dirinya sudah menjadi seorang petani sayur sayuran kurang lebih 15 tahun lamanya, terkait kendala sendiri kadang ada kadang tidak namun semua itu bisa dilewati dengan baik.

“Namun memang sejauh ini terkait untuk kendala dalam menanam sayur-sayuran itu juga berpengaruh kepada cuaca, karena cuaca disini tidak menentu kadang panas kadang hujan disitulah yang membuat tanaman itu bisa layu mendadak,” tambahnya.

Sementara itu untuk penanaman penjualan itu sendiri jasa nya disini yakni diambil dari pengepul yang mana nanti tinggal memetik saja.

“Kalau sekali panen yakni untuk 2000 pohon ini, kalau dikumpulkan semuanya itu kurang lebih kisaran 160 kg, selain itu juga dengan adanya kegiatan pada hari ini berharap kepada gerakan ekonomi kreatif nasional, saya sendiri bisa lebih sukses dengan adanya bantuan serta dorongan dari semua yang hadir disini terlebih kalau saya memperluas tempat ini secara besar perlu dibantu,”tutupnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *