KaltengOpini PublikPalangka Raya

SMAN 1 Palangka Raya Langgar Juknis Dana BOS, Inspektorat Ungkap Temuan Administratif

Palangka Raya – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Palangka Raya ditemukan melanggar petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berdasarkan hasil uji petik pemeriksaan oleh Inspektorat Provinsi Kalteng. Kepala Inspektorat Kalteng, Saring, mengungkapkan temuan ini terkait perencanaan anggaran, seperti pembentukan tim manajemen BOS dan identifikasi risiko pengelolaan keuangan yang belum memadai.

Menanggapi temuan tersebut, Kepala SMAN 1 Palangka Raya, Drs H Arbusin, mengakui bahwa sekolahnya memang diperiksa pada tahun 2023 dan telah menjalankan serta memperbaiki rekomendasi dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).
Arbusin menegaskan bahwa kesalahan hanya terkait administrasi dan tidak ada penyalahgunaan anggaran, sehingga tidak ada pengembalian dana BOS.

Ia juga menyebut bahwa hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tidak menemukan adanya penyalahgunaan anggaran di SMAN 1 Palangka Raya. Dengan anggaran dana BOS tahun 2023 hampir mencapai Rp2 miliar, Arbusin memastikan bahwa semuanya telah dikelola sesuai dengan jumlah siswa.

“Saat ini, tidak ada temuan dari BPK RI terkait penyalahgunaan anggaran di SMAN 1 Palangka Raya,” Pungkasnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *