KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

ESDM Intensifkan Pengawasan Kepada 110 Perusahaan Tambang Pasir Silika Beroperasi di Kalteng

Palangka Raya – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Tengah, Vent Christway, melaporkan bahwa terdapat 110 perusahaan pertambangan pasir silika yang beroperasi di seluruh wilayah Kalteng. Data ini disampaikan pada Senin (10/6/24).

Vent menjelaskan, perusahaan-perusahaan tersebut tersebar di berbagai kabupaten/kota di Kalteng: 4 di Barito Selatan, 15 di Barito Timur, 1 di Barito Utara, 23 di Kapuas, 27 di Kotawaringin Barat, 8 di Kotawaringin Timur, 3 di Pulang Pisau, 12 di Seruyan, dan 14 di Sukamara. Selain itu, ada 3 perusahaan yang beroperasi di perbatasan Kabupaten Kotim dan Seruyan.

Menurut Vent, ESDM Kalteng bertugas melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan tersebut. “Pengawasan dilakukan melalui kunjungan lapangan dan surat-menyurat, termasuk pemantauan kegiatan pengangkutan, penjualan, dan ekspor pasir silika,” ujarnya.

Vent juga mengingatkan bahwa kegiatan tambang tanpa izin akan dikenakan sanksi pidana dan denda hingga Rp100 miliar.

“Kami mengimbau agar semua kegiatan usaha pertambangan memiliki izin sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *