Berita UtamaKaltengOpini PublikPolda Kalteng

Tiga Tahanan Kabur dari Lapas Kelas III Sukamara

Sukamara – Tiga tahanan titipan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun berhasil melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara pada Minggu, 16 Juni 2024. Mereka membobol teralis besi pintu kamar hunian dan memanjat pagar blok hunian.

Kalapas Sukamara, Joko Prayitno, menjelaskan bahwa kejadian ini diketahui pada dini hari sekitar pukul 03:30 WIB ketika salah satu tahanan bangun dan mendapati tiga rekannya sudah tidak berada di tempat. Tahanan tersebut segera memberitahukan petugas yang berjaga.

“Mendengar hal tersebut, Karupam dan Wakarupam langsung menuju blok hunian dan mendapati teralis besi sudah jebol. Mereka membobol teralis pintu kamar 8 bagian bawah, kemudian memanjat pagar besi dan keluar melalui titik tembok yang roboh,” jelas Joko Prayitno dalam rilisnya pada Senin, 17/6/24.

Tiga tahanan yang kabur tersebut adalah Haidi Saputra dari Desa Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, yang terlibat dalam kasus narkotika. Dua lainnya adalah Saiful Rizal dan Agustian Eka dari Desa Air Durian, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, yang terlibat dalam kasus pencurian.

“Atas kaburnya tiga tahanan ini, kami langsung berkoordinasi dengan Polres Sukamara, Kejaksaan Sukamara, dan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun serta mengerahkan pegawai untuk melakukan penyisiran dan pengamanan di tempat-tempat yang dicurigai untuk mempersempit ruang gerak pelarian tahanan,” ujarnya.

Joko Prayitno berharap agar masyarakat dapat melaporkan kepada pihak berwajib apabila mengetahui keberadaan ketiga tahanan tersebut.

“Sampai saat ini kami terus melakukan pencarian dan pemeriksaan saksi-saksi untuk mencari tahu keberadaan tiga orang tahanan tersebut. Mohon kepada masyarakat yang mengetahui atau melihat keberadaan mereka sesuai Daftar Pencarian Orang yang kami sebarkan, segera menghubungi kami atau pihak kepolisian,” tegasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *