KaltengOpini PublikPalangka RayaPemprov Kalteng

Wisata Hutan Nyaru Menteng, Ramai Pengunjung pada Libur Idul Adha

Palangka Raya – Wisata Hutan Nyaru Menteng di Palangka Raya menjadi destinasi favorit pada hari terakhir libur Idul Adha 1445 Hijriah. Ika, seorang pengunjung, mengaku kaget dengan banyaknya fasilitas baru di kawasan tersebut saat tiba sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (18/6/24).

“Tidak menyangka ternyata sudah banyak orang di sini,” ujarnya.

Dulunya hanya dikenal sebagai pusat rehabilitasi orangutan, kini Wisata Hutan Nyaru Menteng telah berkembang pesat dengan berbagai fasilitas tambahan. “Saya datang bersama anak dan istri. Lama tidak ke sini, ternyata sudah ada jembatan yang mengelilingi hutan,” Ungkapnya Kagum.

Kawasan ini kini dilengkapi dengan jembatan yang memungkinkan pengunjung menyusuri hutan dengan aman, serta berbagai fasilitas lain yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Jembatan tersebut memberikan pengalaman berjalan kaki selama sekitar satu jam, dikelilingi oleh pohon-pohon rindang setinggi belasan meter.

Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sungai kecil dan melihat berbagai hewan seperti rusa, ikan, dan kura-kura. Bahkan, jika beruntung, pengunjung bisa melihat kawanan kera di pepohonan. “Udara di sini tetap sejuk meski di tengah teriknya matahari,” Ungkap Rani, seorang pengunjung lainnya.

Selain menawarkan suasana liburan yang menyenangkan, Wisata Hutan Nyaru Menteng juga berfungsi sebagai tempat edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Rian, seorang penjaga parkir, mengungkapkan peningkatan jumlah pengunjung sejak fasilitas diperbarui. “Biasanya untuk akhir pekan banyak yang datang. Dua hari terakhir ini ada sekitar 80-an motor setiap hari,” Pungkasnya.

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Agustan Saining, menyatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan fasilitas di kawasan wisata tersebut, dengan harapan Wisata Hutan Nyaru Menteng tidak hanya menjadi destinasi wisata alam tetapi juga pusat edukasi lingkungan bagi masyarakat. Fasilitas baru yang akan di bangun seperti tempat pejalan kaki, kafe, tempat parkir, dan gazebo diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung dan mendukung program edukasi lingkungan.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *