DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Wisman : Ayo Dorong Pengembangan Industri di Desa

Palangka Raya – Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Wisman mendorong agar pemda bekerja sama dengan pemerintahan desa untuk dapat mengali peluang pengembangan industri di tingkat desa.

Wisman mengatakan pengembangan industri ditingkat desa sangat penting guna memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang ada di desa dan juga memberdayakan masyarakat.”SDA di desa harus bisa dikelola secara maksimal dengan mengembangkan sebuah industri. Hal ini tentu nantinya akan memberikan dampak positif bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya, Rabu, 19/6/24.

Wisman mengungkapkan terdapat berbagai industri yang dapat dikembangkan ditingkat desa misalnya seperti industri kreatif, pertanian, kerajinan, dan pariwisata. Semua potensi ini tentu sangat menjanjikan.”Dengan memgembangkan atau memanfaatkan potensi yang ada tersebut diharapkan dapat memberikan peluang kerja baru bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujarnya.

Wisman menyoroti pentingnya dukungan dari pemda dalam upaya menciptakan regulasi yang mendukung perkembangan industri di tingkat desa agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.”Hal ini meliputi penyediaan infrastruktur yang memadai, pelatihan keterampilan bagi masyarakat, serta fasilitas pendukung lainnya. Pastinya peluang seperti ini harus bisa digali dan dikembangkan,” tuturnya.

Wisman berharap, dengan adanya induatri ditingkat desa hal itu bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang ada di wilayah Kalteng.

“Langkah strategis seperti ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi perkembangan ekonomi daerah secara keseluruhan, sehingga kita harapkan bisa diimplementasi,” Pungkasnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *