KaltengOpini Publik

Kajati Kalteng Hadiri Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan JKN-KIS

Palangka Raya – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kajati Kalteng), Dr. Undang Mugopal, menghadiri Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Provinsi Kalimantan Tengah Semester I Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Hotel Bahalap Palangka Raya pada Kamis, 20 Juni 2024.

Forum ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi dengan para pemangku kepentingan utama terkait pelaksanaan Program JKN-KIS, khususnya dalam penegakan hukum terhadap pemberi kerja yang tidak memenuhi kewajibannya sesuai peraturan perundang-undangan.

Dalam sambutannya, Dr. Undang Mugopal menekankan pentingnya forum ini dalam memberikan informasi mengenai tingkat kepatuhan pemberi kerja dalam pendaftaran Badan Usaha berdasarkan data BPJS Kesehatan dan perbandingannya dengan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perizinan.

Dr. Undang Mugopal juga mengharapkan adanya diskusi mengenai penerapan sanksi administratif berupa “tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu” sesuai dengan pasal 17 ayat 2 huruf c Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan pasal 5 ayat 2 huruf c Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif.

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah VIII BPJS Kesehatan, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara serta jajaran Datun Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Bidang Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan se-Provinsi Kalimantan Tengah.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *