KaltengOpini PublikPemilu

Pilkada Kalteng 2024: Masyarakat Jawa Usung Tokoh Baru untuk Perubahan

Palangka Raya – Paguyuban masyarakat Jawa Kalimantan Tengah semakin menunjukkan eksistensinya dalam kancah politik daerah. Dengan solidaritas yang kuat, tokoh-tokoh masyarakat Jawa diharapkan mampu tampil sebagai calon kuat pemimpin daerah pada Pilkada 2024 mendatang.

Salah satu tokoh yang dianggap sangat potensial adalah Sri Suwanto, yang digadang-gadang mampu menjadi representatif masyarakat Jawa di Kalimantan Tengah. Sosoknya yang ramah dan santun, serta kepercayaan masyarakat Jawa sebagai Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) Provinsi Kalimantan Tengah, menjadikan Sri Suwanto sebagai calon kuat. Pengalamannya sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (2017-2022) dan saat ini sebagai Asisten III Sekretaris Umum Bidang Administrasi Umum Provinsi Kalimantan Tengah, memperlihatkan kapabilitasnya dalam mengelola pemerintahan dengan baik.

Harapan masyarakat Jawa terhadap Sri Suwanto untuk maju dalam pemilihan kepala daerah tahun ini disampaikan oleh perwakilan mereka. “Kami masyarakat Jawa berharap Pak Sri Suwanto maju dalam Pilkada tahun ini. Rekam jejak beliau sangat baik dan nama beliau sering menjadi pembicaraan. Banyaknya desakan dari masyarakat Jawa agar beliau maju, diyakini mampu menjadi pemersatu masyarakat Jawa di Pilkada Kalteng 2024,” kata Ali, Jumat, 21 Juni 2024.

Selain Sri Suwanto, dua tokoh Jawa lainnya yang juga muncul adalah Edy Pratowo dan Tugiyo Wiraatmojo. H. Edy Prabowo, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah periode 2021-2024, dan Tugiyo Wiraatmojo, mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kalteng, turut diperhitungkan dalam kontestasi Pilkada Kalteng mendatang.

“Ketiga tokoh ini diharapkan mampu mewakili aspirasi masyarakat Jawa dalam Pilkada Kalimantan Tengah 2024,” tutur Ali lagi.

Masyarakat Jawa di Kalimantan Tengah menantikan pemimpin yang tidak hanya memperjuangkan kepentingan mereka, tetapi juga mampu merangkul dan menghimpun seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

“Semoga kontestasi Pilkada 2024 ini melahirkan pemimpin dengan visi dan misi yang positif, yang dapat membawa perubahan signifikan dan merata bagi seluruh warga Kalimantan Tengah. Siapakah di antara ketiga tokoh ini yang akan berhasil meraih perhatian dan suara masyarakat? Mari kita nantikan bersama perkembangan selanjutnya,” sergah Ali.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *