KaltengSeruyan

Pj Bupati Seruyan Kukuhkan 46 Kepala Desa dan 436 BPD di Kuala Pembuang

Kuala Pembuang – Penjabat (Pj) Bupati Seruyan, Drs. H. Djainuddin Noor, M.A.P., mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 46 Kepala Desa dan 436 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Jumat, 21 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung di lapangan tenis indoor.

Pengukuhan ini didasarkan pada UU Nomor 3 Tahun 2024, pasal 39 ayat (1), yang merupakan perubahan kedua atas UU Nomor 6 Tahun 2014. Aturan tersebut menyatakan bahwa kepala desa memegang jabatan selama 8 tahun terhitung sejak pelantikan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati berharap agar kinerja Kepala Desa dan BPD meningkat sebagai mitra pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam mengayomi masyarakat, sehingga kegiatan pembangunan dapat berjalan sinergis baik di tingkat pusat maupun daerah.

Pj Bupati Seruyan juga menekankan empat poin penting: pertama, agar Kepala Desa dan BPD bekerja dengan tulus dan penuh tanggung jawab sesuai tupoksi dan perundang-undangan yang berlaku; kedua, pentingnya membangun komunikasi yang harmonis dan terus melakukan koordinasi serta kerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa; ketiga, dalam pengelolaan dana desa, harus mengikuti prosedur dan mekanisme yang berlaku agar penggunaan keuangan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan; keempat, pentingnya pemberdayaan seluruh komponen desa untuk mendorong kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun ekonomi dalam kerangka grand strategi Pembangunan Daerah Kabupaten Seruyan.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *