KaltengLamandauOpini PublikPemprov Kalteng

Kelahiran Orangutan di Camp Rasak: Labetty Melahirkan Anak Sehat

Lamandau – Labetty, seekor orangutan di Camp Rasak SM Lamandau I, terpantau menggendong bayinya pada pukul 05.50 WIB di belakang Camp Rasak. Pada Selasa, 11/6/24,

Menurut laporan yang diterima oleh Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun dari petugas lapangan, Labetty melahirkan satu individu orangutan, yang diperkirakan terjadi antara dini hari hingga subuh pada tanggal tersebut.

Menanggapi laporan tersebut, tim SKW II segera melakukan pengecekan lapangan pada pukul 10.00 WIB di hari yang sama. Namun, ketika tim tiba di Camp Rasak, Labetty tidak terlihat, dan petugas camp melaporkan bahwa jejaknya sudah hilang sejak pagi.

Sampai sore hari, Labetty belum muncul kembali. Tim SKW II pun meminta petugas camp untuk terus memantau dan mengikuti aktivitas Labetty serta anaknya jika mereka kembali terlihat.

Pada Rabu, 19 Juni 2024, tim SKW II kembali melakukan pengecekan ke Camp Rasak. Kali ini, Labetty terlihat beraktivitas di sekitar camp sambil menggendong anaknya. Perkiraan sementara menunjukkan bahwa anak Labetty berjenis kelamin jantan. Kondisi Labetty dan anaknya terpantau sehat dan mereka beraktivitas normal di sekitar camp.

Labetty sendiri merupakan anak dari orangutan bernama Lady, yang lahir pada 27 Oktober 2007 di SM Lamandau I. Lady adalah orangutan yang berasal dari Orangutan Care Center Quarantine (OCCQ) dan dilepasliarkan pada tahun 2006 di Camp Rasak.

Kelahiran ini menandai keberhasilan program pemulihan dan rehabilitasi orangutan, yang memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan ekosistem dan populasi orangutan di alam.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *