KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Damkar Dishut Kalteng Kembali Tangani Kebakaran Hutan di Palangka Raya

Palangka Raya – Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang tidak dapat diprediksi, baik dari sisi personel maupun sarana dan prasarana.

Salah satu langkah yang diambil oleh Posko Damkar Dishut Kalteng adalah pemadaman kebakaran hutan di Jalan Karya Hapakat, Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya, pada Rabu, 26/6/24. Lokasi yang terbakar memiliki luas 3,14 hektar, dan seluruh area tersebut berhasil dipadamkan.

Fauzi perwakilan dari damkar dishut menyampaikan, bahwa personel yang terlibat dalam pemadaman ini berasal dari Dalkarhutla Damkar Dishut Provinsi Kalteng, BPBD-PK Provinsi Kalteng, dan BPBD Kota Palangka Raya.

“Sarana prasarana yang digunakan antara lain, satu unit mobil single cabin Damkar Dishut, satu unit mesin mini striker, satu roll selang hisap, sepuluh roll selang tembak, dua buah nozzle spray, tiga unit handy talky, tiga unit HP Android, dan satu unit drone,” ujar Fauzi.

Kondisi lapangan yang dihadapi adalah semak belukar, ilalang, pakis-pakisan, kalakai, pohon akasia, pohon galam, dan pohon tumih dengan penjalaran api yang cepat, di atas tanah gambut tipis.

“Upaya yang dilakukan meliputi pemadaman, pembatasan penjalaran api, serta pendinginan. Kendala di lapangan termasuk sumber air yang jauh dari titik api. Pemadaman berakhir pada sore hari pukul 17.15 WIB,” Pungkasnya. (Wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *