KaltengNasionalPalangka RayaPemprov Kalteng

AHY Membuka Borneo Forum ke-7, Dorong Investasi Berkelanjutan di Industri Kelapa Sawit

Palangka Raya – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), membuka Borneo Forum ke-7 di Swissbel Hotel, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Jumat (28/6/24).

Acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) ini mengusung tema “Jaminan Investasi yang Aman untuk Pembangunan Kebun Kelapa Sawit Berkelanjutan”.

Dalam sambutannya, Menteri AHY mengajak GAPKI dan pemerintah untuk bersama-sama menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan investasi yang berkelanjutan. Ia menekankan pentingnya kepastian, keamanan, stabilitas, dan keberlanjutan dalam menangkap peluang investasi.

“Kepastian hukum atas tanah adalah hal yang fundamental untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi,” ujarnya.

Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN berkomitmen menciptakan iklim usaha yang kondusif dan ramah lingkungan, sesuai dengan peraturan yang berlaku. AHY juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan hidup sambil menciptakan lapangan pekerjaan melalui industri kelapa sawit.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mengajak pengusaha untuk berjuang memerangi kemiskinan dan ketertinggalan, khususnya di sekitar hutan kelapa sawit.

Ketua Umum GAPKI, Eddy Martono, menambahkan bahwa para pengusaha telah melakukan peremajaan perkebunan kelapa sawit dan menanam padi gogo di sela-selanya untuk mendukung ketahanan pangan dan mengurangi stunting.

Turut mendampingi Menteri AHY dalam kunjungan kerjanya, berbagai pejabat Kementerian ATR/BPN, Forkopimda, Pj. Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah, perwakilan BPDPKS, anggota GAPKI, akademisi, dan mahasiswa dari berbagai universitas di Kalimantan Tengah.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *