KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Apresiasi Borneo Forum ke-7

Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, menyatakan apresiasinya terhadap agenda tahunan Borneo Forum yang diadakan oleh GAPKI Regional Kalimantan. Saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Forum Borneo ke-7 yang bertempat di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya pada Jumat, 28/6/24, ia menekankan pentingnya forum ini untuk memperkuat sinergi antara semua pihak dalam meningkatkan tata kelola industri kelapa sawit.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang membuka acara ini, menyoroti bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, termasuk badan usaha. AHY juga menekankan pentingnya pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Gubernur Sugianto Sabran menyatakan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendukung iklim investasi yang baik, khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit. Pemprov Kalteng memfasilitasi sertifikasi ISPO kepada Perkebunan Besar Swasta (PBS) dan mendorong perusahaan perkebunan untuk segera mengurus Hak Guna Usaha (HGU) di area APL.

Gubernur juga menggarisbawahi pentingnya kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan untuk membangun perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dan berdaya saing. Selain itu, ia menyampaikan berbagai upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM).

Dalam forum yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, Gubernur Sugianto berharap keberadaan PBS Kelapa Sawit di Kalimantan Tengah dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan mendukung program strategis pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *