KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Kadishut Kalteng Hadiri Borneo Forum ke-7

Palangka Raya – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Agustan Saining, menghadiri acara Borneo Forum ke-7 yang berlangsung di Swissbel Hotel, Kota Palangka Raya. 28 Juni 2024. Forum ini dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam pidato pembukaannya, AHY menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan. “Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan serta memperkuat kebijakan tata ruang yang ramah lingkungan,” ujar AHY.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Kalimantan Tengah memiliki potensi alam yang luar biasa. Kerjasama seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa pembangunan dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Ketua Umum GAPKI, Eddy Martono, Menurutnya, sektor kelapa sawit dapat berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah jika dikelola dengan baik dan berkelanjutan. “Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk mencapai tujuan ini,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Agustan Saining, menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya-upaya pelestarian hutan. “Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan dan pengelolaan hutan yang lebih baik, serta memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk menjaga keseimbangan ekosistem,” Jelasnya.

Acara Borneo Forum ke-7 ini diharapkan dapat menjadi ajang penting untuk berbagi ide dan memperkuat kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *