KaltengOpini PublikPalangka RayaPemkot Palangka Raya

Serangan Hacker Lumpuhkan Laman Media Center Kota Palangka Raya

Palangka Raya – Sudah seminggu ini, sejak Kamis (20/6/24), laman Media Center (MC) Kota Palangka Raya tidak dapat diakses. MC Kota Palangka Raya adalah laman utama bagi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan kabar terbaru Pemko Palangka Raya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Palangka Raya melalui Kabid Pengelolaan Informasi Publik Andi CM Silalahi menyampaikan bahwa MC Kota Palangka Raya atau MC Isen Mulang lumpuh karena isu nasional Pusat Data Nasional (PDN) yang terkena hack.

“Karena kita menggunakan PDN juga sesuai arahan Kementerian,” jelasnya, Kamis (27/6/24).

Serangan hacker ini mengakibatkan dampak yang signifikan, dengan beberapa laman resmi Pemko Palangka Raya tidak bisa diakses oleh publik. Selain Media Center, laman Simpeg dan Srikandi juga terdampak.

Mengenai apakah ada laman-laman lain yang terkena dampak dari serangan ini, pihaknya sedang melakukan penelusuran untuk mengetahui apakah situs web milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya juga terpengaruh oleh peretasan PDN tersebut.

“Kami tentu berharap pihak berwenang segera mengambil langkah yang diperlukan untuk menangani dan mengatasi konsekuensi dari serangan ini, sambil memperkuat sistem keamanan digital untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang,” pungkasnya. (wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *