KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Kadisbun Kalteng Hadiri Forum Borneo ke-7, Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit di Kalteng

Palangka Raya – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Rizky R Badjuri mendampingi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam kegiatan Forum Borneo ke-7 Tahun 2024 di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat (28/6/24).

Di sela-sela forum, Rizky menyatakan bahwa terdapat 191 unit perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kalteng dengan total luas sekitar 2,2 juta hektare. Dari jumlah tersebut, 128 unit Perkebunan Besar Swasta (PBS) telah memenuhi kewajiban Fasilitas Pekebun Kecil Mandiri (FPKM) atau Plasma dengan luas sekitar 220,6 ribu hektare, atau 24 persen dari total luas, melebihi batas minimal 20 persen.

Selain itu, 72 PBS lainnya, terutama di Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, dan Kotawaringin Barat, masih dalam proses pemenuhan kewajiban melalui berbagai pola kemitraan seperti integrasi sawit dan sapi, ayam petelur, dan pola lainnya sebagai solusi atas ketidaktersediaan lahan.

“Saya mengapresiasi PBS yang telah memenuhi kewajiban FPKM atau Plasma,” tutur Rizky.

Ia berharap kemitraan yang dibangun PBS dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Gubernur H. Sugianto Sabran dalam sambutannya juga berharap forum ini dapat meningkatkan tata kelola industri kelapa sawit sehingga memberikan dampak positif bagi PBS, pemerintah, dan masyarakat.

Forum Borneo ke-7 dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang membuka acara, Anggota DPD RI Dapil Kalteng Agustin Teras Narang, Ketua Panitia Borneo Forum ke-7 Bernhard R Setyawan, Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Achmad Maulizal Sutawijaya, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Eddy Martono, serta pejabat dan pengurus GAPKI lainnya.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *