KaltengKapuasNasionalOpini PublikPemilu

Parij Ismeth Dampingi Menteri ATR/BPN AHY Serahkan 12 Sertifikat Tanah PTSL

Palangka Raya – Anggota DPRD Kapuas Parij Ismeth Rinjani mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam kunjungan ke desa-desa di Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya, pada Jumat (28/6/24). Mereka bertemu dan berdialog dengan masyarakat serta menyerahkan 12 sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara langsung.

Menteri AHY menyatakan bahwa penyerahan sertifikat tanah secara door to door bertujuan untuk memastikan proses sertifikasi tanah berjalan dengan baik. Program PTSL dinilai revolusioner karena telah mendaftarkan 113,8 juta bidang tanah, dengan target 120 juta bidang pada akhir tahun ini dan 126 juta bidang pada tahun 2025.

Program ini juga bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan mencegah penyerobotan serta mafia tanah. Sejak dimulai pada tahun 2017 hingga Mei 2024, PTSL telah menghasilkan nilai ekonomi sebesar Rp6.519 triliun. Khusus di Provinsi Kalimantan Tengah, nilai tambah ekonomi mencapai Rp13,44 triliun pada tahun 2023. Sertifikat tanah juga meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat karena dapat digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha.

“Dengan kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), ketengah masyarakat membuktikan keseriusan pemerintah pusat menyelesaikan permasalahan pertanahan di Kalimantan Tengah.” Ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Kapuas ini. (wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *