KaltengPalangka RayaPemprov KaltengPulang Pisau

Pasar Murah di Pulang Pisau, Dukungan Wagub Kalteng untuk Stabilitas Harga dan Pesparawi ke-17

Pulang Pisau – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo, kembali membuka pasar murah di Kabupaten Pulang Pisau sebagai bagian dari dukungan untuk Pesparawi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ke-17. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Kahayan Hilir pada Sabtu (29/6/24).

Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo menekankan bahwa kegiatan pasar murah ini merupakan langkah konkret Pemerintah Provinsi Kalteng dalam menjaga stabilitas harga pangan, sejalan dengan instruksi Presiden RI. “Kita harus memastikan masyarakat tidak kesulitan mendapatkan beras, minyak, dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Ia juga menginformasikan bahwa dua hari sebelumnya, Presiden RI telah mengunjungi beberapa kabupaten di Kalteng dan berencana untuk kembali mengunjungi kabupaten lainnya. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung potensi besar Kalteng dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Sebagai bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan nasional, Kalteng telah menjalankan program Optimalisasi Lahan Rawa dan Pompanisasi seluas 100 ribu hektar, termasuk di Kabupaten Pulang Pisau dan sembilan kabupaten lainnya.

Wagub Kalteng juga mengungkapkan bahwa beberapa komoditas seperti beras, minyak goreng, bawang, cabai, dan daging seringkali menjadi penyebab kenaikan harga di pasar. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi melakukan intervensi melalui Disdagperin Prov. Kalteng dengan mengadakan pasar murah. Dalam rangkaian Pesparawi ke-17, sebanyak 5.000 paket sembako, terdiri dari 10 kg beras dan 1 liter minyak goreng per paket, disalurkan dengan harga sangat terjangkau berkat subsidi dari Pemprov Kalteng dan bantuan dari Ketua DAD Prov. Kalteng, H. Agustiar Sabran.

Pj. Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani Edy Pratowo, menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan dukungan dari Gubernur dan Wagub Kalteng yang telah memilih Kabupaten Pulang Pisau sebagai tuan rumah Pesparawi ke-17 dan menyelenggarakan pasar murah untuk masyarakat. “Semoga perhatian ini membawa manfaat dan menjadikan Kalteng semakin BERKAH,” tutupnya.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *