DPRD Kota Palangka RayaKaltengPalangka Raya

Potensi Pertanian Tinggi di Palangka Raya: Ketua Komisi B DPRD Dorong Dukungan Pemerintah

Palangka Raya – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung, mengungkapkan bahwa tiga kecamatan di daerah tersebut—Bukit Batu, Pahandut, dan Sebangau—memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

“Sebagian besar warga di tiga kecamatan tersebut saat ini berprofesi sebagai petani, dan ini harus menjadi perhatian serius,” ujar Nenie di Palangka Raya, Sabtu.29/6/24

Ia menjelaskan bahwa masyarakat di Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Pahandut, banyak yang menjadi petani padi hingga buah semangka. Hal ini, menurutnya, harus mendapatkan atensi dari pemerintah kota dalam memberikan dukungan terhadap pengembangan sektor pertanian di wilayah tersebut.

“Misalnya, turun ke lokasi untuk melihat secara langsung apa yang menjadi kebutuhan para petani di sana. Jangan tiba-tiba membawa bibit atau pupuk, belum tentu petani membutuhkan itu,” tegasnya.

Nenie menambahkan bahwa pengembangan sektor pertanian di Palangka Raya juga penting dilakukan sebagai upaya menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dengan adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kota Palangka Raya, sektor pertanian di daerah ini dapat lebih maju dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Legislator yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini optimis bahwa dengan semakin banyaknya masyarakat yang berprofesi sebagai petani, juga dapat memiliki dampak positif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), karena masyarakat memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

“Dengan demikian, kabut asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan di Palangka Raya tidak akan mengancam kesehatan masyarakat di daerah ini,” pungkasnya.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *