KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Wagub Kalteng Buka Pasar Murah di Basarang, Distribusikan 2.000 Paket Sembako Murah

Kuala Kapuas – Setelah sukses membuka pasar murah di halaman Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kapuas serta di Desa Palinget, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo, melanjutkan program tersebut dengan membuka pasar murah di Kecamatan Basarang. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Camat Basarang, Kabupaten Kapuas, pada Minggu (30/6/24).

Dalam sambutannya, Wagub H. Edy Pratowo menjelaskan bahwa tujuan kunjungannya, selain untuk bersilaturahim, adalah untuk memantau langsung stabilitas harga pangan di masyarakat. Pasar murah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk mengatasi inflasi dan mencegah kenaikan harga bahan pokok.

“Seperti dirilis oleh BPS, kenaikan harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, bawang, telur, dan lainnya sering terjadi di masyarakat,” ujar Wagub. Oleh karena itu, pemerintah harus segera mengetahui kebutuhan masyarakat agar mereka tidak kesulitan mendapatkan barang-barang pokok. “Pemerintah melakukan intervensi harga melalui pasar murah dengan adanya subsidi dari Pemerintah Provinsi,” tambahnya.

Pada kegiatan pasar murah ini, Pemprov Kalteng menyalurkan 2.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kecamatan Basarang. Setiap paket terdiri dari 10 kg beras dan 1 liter minyak goreng, dengan nilai Rp. 192.500,- per paket. Berkat subsidi sebesar Rp. 172.500,- dari Pemprov Kalteng, masyarakat hanya perlu membayar Rp. 20.000,- per paket.

Wagub juga menyampaikan bahwa pemerintah, khususnya Gubernur Kalteng, selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat. “Kami berharap kegiatan pasar murah ini bermanfaat dan memudahkan bapak dan ibu dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah,” tandasnya.

Selain itu, sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat, Gubernur dan Wagub Kalteng memberikan santunan sebesar Rp. 500.000,- per orang kepada sejumlah ibu hamil di Kecamatan Basarang.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *