Berita UtamaEkonomi dan BisnisKaltengNasional

Bulog Kalteng Perkuat Stok Pangan dan Distribusi untuk Stabilkan Harga

Palangka Raya – Kepala Kantor Wilayah Bulog Kalimantan Tengah (Kanwil Bulog Kalteng), Budi Cahyanto, menegaskan upaya Bulog dalam menyeimbangkan dan menstabilkan harga pangan di pasaran dengan memperkuat perannya sebagai garda terdepan.

“Pertama-tama, kita harus memastikan ketersediaan stok, terutama untuk beras yang merupakan kebutuhan pokok. Stok ini akan kita simpan di seluruh gudang dan disebarkan melalui ritel-ritel kami, termasuk RPK mitra SPHP,” ucapnya, Rabu, 3/7/24.

Selain itu, pemerintah juga menugaskan Bulog untuk melaksanakan kegiatan bantuan pangan. Bantuan ini disalurkan tepat waktu kepada sekitar 113 ribu rumah tangga di Kalimantan Tengah, sehingga mereka tidak perlu membeli beras di pasar.

“Dari total 2,7 juta masyarakat di Kalteng, 113 ribu di antaranya kami siapkan kebutuhan berasnya di rumah masing-masing. Hal ini diharapkan dapat menurunkan permintaan di pasar dan membantu mengendalikan inflasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, program SPHP juga menjadi upaya menyebarkan beras murah ke seluruh masyarakat. Ke depan, Bulog berencana memperbanyak ritel yang menjual kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir dan minyak goreng untuk memotong rantai pasok dan menurunkan harga.

“Dengan Bulog mengambil langsung dari pabrikan dan petani, lalu mendistribusikannya, harga menjadi lebih murah. Apalagi dengan bantuan distribusi yang mencakup hampir semua titik di seluruh kabupaten. Harapan kami ke depan adalah pengembangan dan pemberdayaan RPK serta SPHP,” Pungkasnya. (Wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *