KaltengOpini PublikPalangka Raya

Enam Mahasiswa UPR Terima Beasiswa Orangutan Caring Scholarship 2024 untuk Konservasi Orangutan

Palangka Raya – Enam mahasiswa dari Program Studi Kehutanan, Fakultas Ilmu Pertanian, Universitas Palangka Raya (UPR) baru-baru ini menerima Beasiswa Orangutan Caring Scholarship (OCS) 2024. Pada Jumat, 5/7/24

Presiden Orangutan Republik Foundation (OURF), Gary Saphiro, menyatakan bahwa sejak 2018 hingga 2023, total 24 mahasiswa di Fakultas Pertanian UPR telah menerima beasiswa ini. Dengan penyerahan kepada enam mahasiswa ini, jumlah keseluruhan penerima beasiswa di UPR mencapai 30 mahasiswa hingga tahun 2024.

Selama periode 2006 hingga 2024, sebanyak 304 mahasiswa di seluruh Indonesia telah menerima beasiswa ini, fokus pada provinsi-provinsi dengan populasi orangutan liar. Program beasiswa ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran generasi muda tentang isu-isu lingkungan dan orangutan. Di Provinsi Kalimantan Tengah, program ini didukung oleh kerjasama antara Fakultas Ilmu Pertanian UPR, Yayasan Borneo Nature Indonesia (YBNI), dan OURF.

Ketua YBNI Indonesia, Anton Nurcahyo, berharap kegiatan ini dapat lebih mendukung upaya-upaya pelestarian orangutan. Para penerima beasiswa juga diharapkan dapat menginspirasi kolaborasi dalam inovasi penelitian lingkungan. Salah satu mahasiswa penerima OCS, Agustina Marta Rudita, menyatakan kegembiraannya dan tekad untuk mendalami bidang konservasi melalui beasiswa ini.

Program ini tidak hanya memberikan dukungan finansial tetapi juga kesempatan untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian orangutan. Wakil Dekan III Fakultas Pertanian UPR, Prof Dr Wahyudi, menambahkan bahwa kerjasama dalam bidang beasiswa ini telah memberikan kontribusi signifikan bagi mahasiswa-mahasiswa di Jurusan Kehutanan UPR.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *