DPRD Kota Palangka RayaKaltengPalangka Raya

Hujan Lebat dan Angin Kencang Ancam Kota Palangka Raya, Warga Diimbau Waspada Pohon Tumbang

Palangka Raya – Kota Palangka Raya sering diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang akhir-akhir ini. Kondisi ekstrem ini sudah diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng. Sejumlah wilayah di Kalteng, termasuk Kota Palangka Raya, mengalami hujan intensitas tinggi.

Menyoroti kondisi saat ini, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Lambung, meminta Pemerintah Kota Palangka melalui dinas terkait untuk meningkatkan pengawasan pada pohon-pohon rawan tumbang, terutama yang berada di tepi jalan umum. Hal ini disampaikan Nenie sebagai langkah antisipasi terjadinya musibah pohon tumbang yang berpotensi merugikan masyarakat umum, bahkan menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa pohon tumbang baru-baru ini terjadi tidak jauh dari Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng. Beruntung, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. “Beberapa hari terakhir, Kota Palangka Raya diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Jangan sampai kejadian pohon tumbang akibat hujan lebat tersebut terulang lagi,” katanya Selasa 9/7/24

Politisi senior PDIP ini juga mengingatkan Pemko Palangka Raya agar rutin memeriksa kondisi pepohonan dan ranting di sepanjang jalan. Jika usia pohon sudah tua dan rapuh, diimbau segera ditebang. Selain untuk menghindari musibah terjadinya pohon tumbang, juga untuk menjaga keindahan wajah Kota Palangka Raya.

“Pencegahan sangatlah penting. Sebaiknya dilakukan sejak awal untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan risiko terjadinya kecelakaan,” ujar Nenie.

Nenie juga meminta peran aktif masyarakat untuk turut memperhatikan kondisi pepohonan di sekitarnya. Jika ada pohon rawan tumbang atau pohon usia tua yang berpotensi membahayakan, diharap segera melaporkan ke dinas terkait, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) atau dinas lainnya.

“Pemerintah tidak dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua pohon di Kota Palangka Raya dengan cepat. Sehingga diharapkan adanya kolaborasi yang baik dengan masyarakat dalam menjaga lingkungan,” pungkasnya.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *