KaltengOpini Publik

Mahasiswa Kimia UPR Ciptakan SOLAREBO, Solid Parfum dengan Manfaat Skincare Terinspirasi Kearifan Lokal Kalimantan

Palangka Raya – Mahasiswa Prodi Kimia Universitas Palangka Raya (UPR) telah menciptakan inovasi terbaru di dunia parfum dengan memperkenalkan produk parfum dalam bentuk solid. Inovasi ini, yang tidak hanya memfokuskan pada wanginya tetapi juga mengandung bahan-bahan yang berfungsi sebagai skincare untuk melembabkan kulit, adalah hasil karya Vionae Igeshy Daniella, Leony Wulandari, dan Diah Panjar Arum, mahasiswa angkatan 2023.

Produk solid parfume yang diberi nama “SOLAREBO” (Solid Parfume Essence Borneo) ini berawal dari kekhawatiran mereka terhadap penggunaan parfum spray yang sering menyebabkan iritasi bagi orang dengan kulit sensitif, serta melihat peluang meningkatnya kebutuhan skincare setiap tahunnya. Parfum ini terinspirasi dari kearifan lokal Kalimantan Tengah, menggunakan sintok (Cinnamomum sintoc blume), atau sintuk, yang pernah menjadi komoditas rempah wangi tanah Dayak pada abad ke-19.

SOLAREBO menghadirkan aroma sintuk yang spicy, segar, dan woody, dipadukan dengan manisnya vanila, menciptakan aroma autentik Kalimantan Tengah yang wood, sweet, dan spicy. Tagline produk ini, “Captured In Every Scents,” menggambarkan bahwa aroma dapat membawa kenangan kuat terhadap setiap momen, khususnya keindahan alam Kalimantan Tengah.

Pengembangan dan produksi SOLAREBO didukung oleh Universitas Palangka Raya dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) 2024, di bawah bimbingan dosen Kimia UPR, Muhammad Irmawan.

Para pencipta SOLAREBO berharap dukungan dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga instansi pemerintahan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk mengembangkan produk ini hingga bisa diterima di berbagai kalangan dan skala nasional.

Dengan potensi besar di industri parfum Indonesia, SOLAREBO diharapkan menarik perhatian konsumen dengan format baru yang multifungsi dan kesan simpel.(wk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *